Tren Desain Grafis 2019 Yang Dapat Menginspirasi Anda




    Desain grafis menjadi elemen penting dalam setiap jenis pekerjaan dalam kehidupan sehari - hari. Desain grafis adalah sebuah proses untuk menciptakan karya dalam sebuah publikasi, presentasi, atau membuat web yang menarik dan unik. Atau dalam pengertian lain desain grafis adalah sebuah komunikasi dalam bentuk virtual yang menggunakan gambar untuk dapat menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin. Desain Grafis sebagai sebuah bentuk seni dengan tujuan untuk memecahkan masalah komunikasi melalui kombinasi elemen grafis seperti garis, bentuk, warna, dan sebagainya. 

    Pada tahun 2019 ini menjadi tahun moderenisasi tren desain grafis yang tidak berbeda jauh dari flat desain grafis tahun lalu. Flat desain grafis berarti desain dengan gaya sederhana menggunakan elemen seperti tekstur, gradiasi, dan drop shadow. Dan memasuki tahun 2019 tren desain grafis memiliki konsep yang semakin keren, berikut ini tren desain grafis 2019 yang dapat menginspirasi anda.


  1. Tipografi 3D


    Tipografi 3D atau yang biasa anda dikenal dengan tipografi 3 dimensi adalah tata huruf yang merupakan tehnik manipulasi huruf dengan mengatur penyebarang pada suatu bidang yang tersedia agar tercipta kesan tertentu. Namun tidak melupakan kenyamanan saat membaca baik dari jarak yang dekat maupun jarak yang jauh sehingga maksud dan arti dari tulisan tersebut dapat tersampaikan.
  2. Warna - Warna Ceria


    Jika anda merasakan belakangan ini tren desain grafis menjadi sedikir berwarna atau lebih berwarna. Warna kuning elektrik dan warna - warna cerah lainnya menggantikan warna seperti pastel yang sering dipesan pada tahun lalu. Perubahan warna ke yang lebih cerah merupakan penolakan dari minimalis yang hambar pada awal 2010 dan juga agar brand atau produk dapat dilirik oleh customer.

  3. Art Deco


    Era desain “modern” mendapatkan namanya dari gerakan artistik modernisme yang dimulai setelah Perang Dunia I dan berlanjut selama hampir setengah abad. Ada dua gaya utama dari periode ini yang saat ini mengalami kebangkitan total: desain Art Deco yang sangat hias dan glamor tahun 1920-an dan bentuk organik ramping dari periode Modern Abad Pertengahan tahun 1950-an dan 60-an. Melihat tren ini muncul khususnya dalam pekerjaan logo membuat tren desain grafis ini terasa mewah dan sangat kontras dengan karya pedesaan yang diilhami negara yang telah mendominasi selama beberapa tahun terakhir.


  4. Terang dan Gelap

    Akhir - akhir ini merek -merek besar didunia teknologi mulai menggunakan sekema warna terang dan gelap. Tren desain grafis  dengan dua warna seperti ini sangat fleksibel dalam penerapannya. Seperti poster dengan warna terang sangat cocok diposisikan pada dinding yang berwarna gelap.

  5. Mid - Century Modern

    Tren desain grafis mulai meninggalkan desain yang mencolok dan mulai merangkul garis - garis yang dilucuti dan organik yang bersih. Dan pengaruh abad pertengahan sudah jelas terlihat dengan jelas dibidang - bidang seperti desain interior selama beberapa tahun terakhir. Itu merupakan tren yang berkembang dalam desain grafis terutama dalam dunia ilustrasi iklan ikonik dari era pasca perang.

  6. Dashing Duotones


    Duotones ialah elemen desain yang dibuat melalui proses pencetakan halftone di mana satu halftone dicetak di atas yang lain dengan warna yang kontras hingga menghasilkan gambar dua warna. Alhasil, proses pencetakan tersebut tidak hanya menciptakan warna duotones, melainkan banyak variasi seperti monotones, tritons dan, quadtones. Salah satu contohnya dapat dilihat pada aplikasi Spotify. Spotify menggunakan tren desain ‘duotones’ dengan penggabungan dua warna pada tampilannya. Penggabungan dua warna tersebut menghasilkan tampilan yang unik dengan warna yang berani.


    Nah itu lah desain grafis yang sedang menjadi tren pada tahun 2019 ini. Semoga artikel ini dapat membantu anda dalam mentukan desain grafis seperti apa yang ingin anda bikin dan dapat mambantu anda menciptakan karya yang unik dan keren. Sekian artikel menengain tren desain grafis 2019 yang dapat menginspirasi anda.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Jenis Contoh Iklan Outdoor

13 Jenis Kertas Yang Ada Dalam Dunia Percetakan

Pengertian, Macam - Macam, Dan Fungsi Dari Buku Agenda