13 Jenis Kertas Yang Ada Dalam Dunia Percetakan



     Pada dunia percetakan mengenal jenis kertas merupakan salah satu faktor yang sangat penting. Dengan adanya beberapa jenis kertas, ukuran, fungsi dan karakter kertas yang berbeda - beda makan penting bagi anda mengetahui agar proses dalam percetakan dapat berjalan dengan optimal dan lancar. dengan kita mengetahui jenis kertas yang ada maka akan membantu kita dalam kalkulasi untuk menentukan hasil akhir cetak yang kita inginkan. Sebelum mengatahui jenis kertas sebaiknya anda mengetahui ukuran atau dimensi kertas yang tersedia, dalam pasaran kertas sudah memiliki standart ISO yang terdiri dari ISO A, ISO B, ISO C, ISO D, ISO R dan ISO F. Pada umumnya percetakan menggunakan ISO A esperto A6, A5, A4 dan lainnya. berikut ini 14 jenis kertas yang harus anda ketahui dalam dunia percetakan.

  • Art Paper, merupakan jenis kertas dengan permukaan yang licin, kertas ini biasa digunakan untuk mencetak majalah, flyer, katalog, atau pun brosur. ada beberapa tingkatan atau berat dalam kertas ini yaitu, 85 gram, 100 gram, 115 gram, dan juga 150 gram.

  • Art Carton, merupakan jenis kertas dengan permukaan yang mirip atau sama dengan Art Paper, namun bahan dasarnya adalah karton. jenis kertas ini biasanya digunakan untuk mencetak cover buku, map, kartu nama dan sebagainya. karena art carton mempunyai ketebalan yang lebih tebal dibandingkan Art Paper. gramasi yang sering digunakan adalah 190 gram, 210 gram, 230 gram, 260 gram, 310 gram 350 gram dan 400 gram.

  • Fancy Paper, jenis ini sering digunakan untuk membuat kertas undangan, karen teksturnya yang unik sehingga dalat memberi kesan yang premium sehingga sangat cocok digunakan untuk bahan dasar kertas undangan. gramasi kerta jenis ini terdiri dari 80 gram, 100 gram, 220 gram, dan juga 300 gram.

  • Corrugated, jenis kertas ini berbahan mirip dengan kardus namum lebih tipis dental lapisan kertas bergelombang didalamnya. kertas berjenis corrugated cukup tebal sehingga dapat digunakan untuk kemasan produk kartu dan undangan formal. Tapi umumnya corrugated berwarna coklat sehingga agak sulit dikreasikan.

  • Ivory, memiliki sifat yang mirip dengan art carton dan art paper. Namun kertas ivory hanya satu sisi saja yang licin dengan warna yang agak buram. Gramasi yang biasa digunakan dalam kertas ini adalah 210 gram, 230 gram, 250 gram. 310 gram, dan juga 400 gram. Jenis kertas ini sangat cocok untuk poster, buku agenda, dan juga kemasan produk makanan seperti paper tray atau box kebab.

  • BW, BC, Manila, jenis kertas ini lah yang lebih variatif. sebab selain bertekstur warna yang ditawarkan oleh kertas ini pun lebih banyak pilihannya. diluar art carton kertas ini juga lazim digunakan untuk kartu nama, booklet atau kalender dan juga sertifikat karena kertas ini cukup tebal. gramasi yang tersedia adalah 160 gram, 220 gram, dan juga 250 gram.

  • Samson, jenis kertas ini sebenarnya hasil dari daur ulang dan lebih sering digunakan untuk paper bag atau amplop surat. kertas berjenis ini cukup mudah ditemukan atau banyak dijual ditoko - toko alat tulis maupun fotocopy. kertas ini terdiri dari berbagai macam gramasi yaitu 70 gram, 80 gram, 150 gram, dan juga 220 gram.

  • Duplex, kertas dengan jenis ini paling sering ditemukan dan mudah dikenali karena sering diguunakan sebagai kemasan makanan seperti, kemasan nasi kotak, kotak kue dan lainnya. kertas duplex memiliki dua variasi ada yang berwarna satu sisi putih dan satu sisinya lagi abu abu dan ada juga yang kedua sisinya putih. kertas duplex tersedia dalam berbagai gramasi, yaitu 230 gram, 250 gram, 270 gram, 300 gram, 350 gram dan juga 400 gram.

  • Jasmin, kertas jasmin bisa menjadi pertimbangan bagi anda untuk jadi bahan dari kartu undangan pernikahan anda karena kesan mewah yang di tawarkan kertas tersebut. kertas jasmin memiiki butira - butiran gliter dipertmukaannya. kertas ini juga cocok dijadikan amplop.

  • Concord,  hampir sama dengan BW, BC, Manila. Concord juga merupakan jenis kertas yang dengan pilihan warna beragam dan biasa digunakan sebagai bahan Kartu nama, dan booklet. Concord biasa dijual perpack dengan isi 20 lembar. memiliki gramasi yang sama dengan BW, BC, dan manila yaitu 160 gram, 220 gram, dan juga 250 gram.

  • Board Paper, kertas jenis ini  tebal dan sangat kaku. Umumnya kertas ini tersedia dalam warna coklat dan kuning. Board paper sebenarnya termasuk kertas karon namum ketebalannya bervariasi mulai dari 0,4 mm hingga yang paling tebal 4,3 mm. board paper biasanya digunakan sebagai cover buku. namun juga bisa digunakan sebagai papan pengunguman sekolah atau kantor.

  • NCR, singkatan dari non carbon required. Sangat berguna sebagai pembuatan nota, kwetansi, atau bukti teransaksi lainnya. sebagian orang menyebut ini sebagai kertas karbon, justru kertas NCR ini diciptakan sebagai pengganti kertas karbon namun dengan fungsi yang sama yaitu menyalin tulisan.

  • HVS, jenis kertas ini paling terkenal dan paling sering digunakan. berwarna putih dengan tekstur yang agak kasar sehingga sangat cocok untuk menulis, cetak dokumen, atau buku. Ukuran kertas HVS cukup bervariasi seperi A4 sampai A0, F4 dan Q4. gramasinya yang tersedia yaitu 70 gram, 80 gram dan juga 100 gram.


      Dalam dunia percetakan mengenal jenis - jenis kertas sangatlah penting, karena kerta memiliki jenis yang bemacam - macam dan karakter yang berbeda - beda. Memahami jenis dan karakter kertas itu masing - masing sangatlah membantu anda dalam menentukan hasil akhir dari percetakan. Sehingga saat anda melakukan percetakan mendapatkan hasil yang maksimal sesuai yang anda inginkan. Sekian artikel tentang 13 jenis kertas yang ada dalam dunia percetakan. 













Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Jenis Contoh Iklan Outdoor

Pengertian, Macam - Macam, Dan Fungsi Dari Buku Agenda