Pengertian, Macam - Macam, Dan Fungsi Dari Buku Agenda



     Tahu kah anda apa itu buku aganda? Buku agenda adalah produk percetakan yang digunakan khusus untuk mencatat surat - surat yang masuk atau di terima oleh organisasi dalam jangka waktu satu tahun. Buku agenda juga memiliki fungsi untuk mencatat hal - hal yang penting. Namun pada zaman moderen seperti ini keberadaan buku agenda sudah mulai tergeser dan diganti kan oleh teknologi - teknologi canggih seperti Smartphone atau tablet. Namun tidak sedikit dari orang masih lebih memilih menggunakan buku agenda ketimbang teknologi - teknologi tersebut anda juga dapat cetak buku agenda custom yang sesuai dengan selera anda sendiri. Nah berikut artikel ini akan memberi tahu anda macam - macam serta fungsi buku agenda tersebut.


MACAM - MACAM BUKU AGENDA
  1. Agenda Tunggal

    Jenis buku agenda kerja ini cocok digunakan untuk pencatatan surat masuk serta surat keluar dengan penomoran sekaligus secara berurutan pada setiap halaman untuk per halaman. Format dari buku agenda jenis ini biasanya terdiri dari nomor, tanggal penerimaan surat, nama instansi, perusahaan atau organisasi pengirim, tanggal dan nomor surat, perihal, lampiran, diteruskan kepada, keterangan, serta kode arsip.
  2. Agenda Berpasangan

    Buku agenda jenis ini terdiri dari buku agenda surat masuk serta buku agenda surat keluar yang kolomnya dibedakan, atau dibuat secara terpisah. Penomoran dalam jenis buku agenda ini pun juga turut dipisah. Format dari buku agenda jenis ini pada tabel surat masuk biasanya terdiri dari nomor, tanggal penerimaan surat, nama instansi, perusahaan atau organisasi pengirim, tanggal dan nomor surat, perihal, lampiran, diteruskan kepada, keterangan, serta kode arsip. Di sisi lain, Format dari buku agenda jenis ini pada tabel surat keluar biasanya terdiri dari nomor, nomor surat, tanggal surat, nama instansi, perusahaan atau organisasi pengirim, tujuan pengiriman surat, lampiran, keterangan, serta file.

FUNGSI - FUNGSI BUKU AGENDA
  • Bukti Surat Masuk Dan Keluar
    Fungsi buku agenda yang pertama adalah, dengan adanya buku agenda kerja, detail dari setiap yang masuk atau bahkan keluar dapat di identifikasi dengan mudah. Pencarian berkas - berkas yang terkaitpun akan  mudah dan terbantu dengan adanya buku agenda kerja.
  • Jumlah Surat Masuk Dan Keluar
    Ada saatnya terkadang dimana perusahaan perlu untuk melihat jumlah surat keluar dan masuk dalam periode tertentu. Nah dengan adanya buku agenda ini maka akan sangat membantu anda dalam memberi semua informasi tersebut kepada perusahaan.
  • Penomoran Surat Keluar
    Untuk mengeluarkan Surat, perusahaan perlu membuat nomor - nomor yang runtut dari satu surat ke surat yang lain. Nah apa bila nomor  - nomor surat yang dikeluarkan sebelumnya sudah tercatat didalam buku agenda, maka pemberian nomor akan semakin mudah dan cepat.
  • Membantu Pencarian Surat
    Dalam keadaan tertentu biasanya perusahaan atau suatu organisasi perlu memiliki surat terdahulu yang telah tersimpan. Dengan menuliskan identitasnya secara rapi dan berurut maka akan memudahkan anda dalam ham pencarian surat - surat yang terdahulu.

     Fungsi buku agenda sangat lah banyak sekali dan dapat membantu dalam hal informasi pengingat dalam pekerjaan anda. Nah sekian artikel mengenai pengertian, macam - macam, dan fungsi dari buku agenda, semoga bermanfaat bagi anda.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Jenis Contoh Iklan Outdoor

13 Jenis Kertas Yang Ada Dalam Dunia Percetakan