Macam - Macam Dan Jenis - Jenis Kalender Yang Di Gunaakan Indonesia



        Kalender diciptakan supaya periode waktu yang sudah dilewati dapat diberi nama. Nama - nama yang diberikan itu disebut sebagai tanggal kalender. Untuk mengetahui tanggal - tanggal tersebut, para ahli astronom harus bisa mengetahui pergerakan Matahari dan Bulan. Namun tahu kah anda ada beberapa macam dan jenis kalender yang berlaku di indonesia? Nah di dalam artikel kali ini tuh kita akan membahas macam dan jenis dari kalender tersebut.

Macam - Macam Kalender

  • Kalender Dinding

    Kertas yang digunakan kalender dinding adalah HVS 80 sampai 100 Gsm, art paper 100 sampai 150 Gsm, matt paper 100 sampai 150 Gsm, dan art carton 190 sampai 260 Gsm. Ukuran-ukuran yang digunakan untuk membuat kalender dinding yaitu, 31×48 cm, 31×54 cm, 60×40 cm, serta 70×50 cm.

  • Kalender Meja

    Kalender meja menggunakan kertas art carton 190 sampai 260 Gsm, karton BW impor atau lokal, karton fancy impor, bahkan Anda bisa meng-custom-nya sendiri. Sedangkan untuk ukurannya 15×20 cm dan pembuat kalender bisa membuat ukuran sesuai dengan yang diinginkan pemesannya

  • Kalender Poster

    Kalender yang biasanya banyak digunakan anak muda ini memakai jenis kertas art carton 190 sampai 260 Gsm, duplex coated 210 sampai 300 Gsm. Untuk ukurannya 35×50 cm, 38×55 cm, 60×40 cm, dan 70×50 cm.
Jenis - Jenis Kalender

  1. Kalender Masehi
    Kalender masehi adalah kalender yang umum digunakan di seluruh dunia termasuk Indonesia. Kalender Masehi dihitung sejak kelahiran Yesus. Perhitungannya berdasar pergerakan Matahari.
  2. Kalender Hijriyah
    Jenis kalender yang digunakan di Indonesia adalah Kalender Hijriyah. Kalender ini digunakan oleh penganut Agama Islam dan dimulai dari peristiwa hijrahnya Nabi Muhammad SAW ke Mekkah dan Madinah pada tahun 622 Masehi. Kalender Hijriyah dihitung berdasar sistem peredaran Bulan
  3. Kalender Jawa
    Kalender Jawa umumnya digunakan oleh Masyarakat Jawa. Dibanding kalender lainnya, Kalender Jawa cukup rumit perhitungannya karena diyakini sebagai kalender perpaduan antara budata Islam, Hindu-Budha Jawa dan Barat.
  4. Kalender Sunda
    Jenis Kalender ini masih digunakan oleh masyarakat Indonesia khususnya masyarakat Sunda adalah Kalender Sunda. Kalender ini mirip dengan Kalender Masehi. Yang membedakan Kalender Sunda dan Masehi adalah nama bulannya. Di Kalender Sunda, bulannya bernama Kartika, Margasira, Posya, Maga, Palguna, Setra, Wesaka, Yesta, Asada, Srawana, Badra dan Asuji.
  5. Kalender Bali
    Kalender ini adalah kalender yang sampai saat ini masih sering digunakan masyarakat Hindu Bali. Penanggalan Kalender Saka Bali dihitung berdasar posisi atau peredaran Matahari dan Bulan.

        Nah itu lah beberapa macam dan jenis kalender yang digunakan di Indonesia. Selain kalender Masehi dan Hijiriyah yang sangat di kenal, ternyata masih ada beberapa jenis kalender yang mungkin anda tidak ketahui ya. Sekian artikel kali ini mengenai macam - macam dan jenis - jenis kalender yang di gunakan Indonesia.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Jenis Contoh Iklan Outdoor

13 Jenis Kertas Yang Ada Dalam Dunia Percetakan

Pengertian, Macam - Macam, Dan Fungsi Dari Buku Agenda