Tahukah Anda Perbedaan Laminating Doff Dan Glossy?

     Laminating adalah proses untuk melapiskan bahan kertas atau karton. Pada mencetak sesuatu biasanya ada dengan hasil yang mengkilau ada yang tidak itu terjadi karena adanya proses Laminating. Laminating biasanya diterapkan pada kartu nama, kartu undangan, cover buku, kalender dan yang lainnya. Laminating dilakukan dengan menggunakan lapisan stiker tipis (stiker polos) yang dibagi menjadi dua jenis yang berbeda, yaitu ada laminating glossy dan laminating doff. Dari kedua jenis tersebut memberi perbedaan efek pada hasil akhir cetak anda.

     Biasanya sebelum mencetak, pihak percetakan akan bertanya kepada anda apakah anda ingin menambahkan laminating pada cetakan anda. Sebenarnya laminating memang perlu untuk meningkatkan kualitas pada cetakan anda seperti kartu nama, cover buku, dan lainnya. Sebelum anda melaminating cetakan anda, ada baiknya anda mengetahui perbedaan laminating doff dan glossy. Berikut ini adalah perbedaan dari laminating doff dan glossy.




Laminating Glossy
   
        Laminating glossy biasanya menghasilkan cetakan yang berkilau, karena dapat memantukan cahaya yang banyak dan permukaan yang dilaminating dengan bahan glossy akan menghasilkan permukaan yang licin. Catakan yang biasa menggunakan laminating glossy adalah kartu nama, undangan, brosur, cover buku, dan lain - lainnya. Kesan laminating glossy akan terlihat mewah dan bagus, sehingga membuat perbedaan laminating doff dan glossy secara kasat mata.

        Laminating glossy banyak ditemui pada percetakan printer foto. Pada saat proses percetakan foto sebaiknya jangan langsung dipegang karena akan dapat merusak hasil dari cetakan tersebut. Laminating glossy yang diberikan sangatlah rentan terhadap sentuhan, jadi sebaiknya didiamkan dulu selama beberapa menit hingga proses cetak benar -  benar selesai agar mengapatkan hasil yang maksimal.

Laminating Doff

          Dan selanjutnya perbedaan laminating doff dan glossy. Kebalikan dari laminating glossy, laminating ini terlihat biasa dan tidak berkilau. Tujuan laminating doff adalah untuk melindungi hasil printing sehingga hasil dapat lebih tahan lama dan tidak mudah kotor. Ciri - ciri laminating doff adalah bahan yang halus, tidak memantulkan cahaya, dan tindak meninggalkan bekas sidik jari.

          Laminating doff juga biasa digunakan untuk kartu nama dan kartu undangan pernikahan. Meskipun laminating doff tidak lah seistimewah laminating glossy namun laminating doff dapat memberikan hasil yang cetak yang sangat bagus. Kartu nama atau Undangan pernikahan yang mengunakan laminating doff akan terlihat lebih eksklusif dan berkelas. Dan itu menjadi keunggulan dari laminating doff, sederhana namun berkelas.




Kelebihan Menggunakan Bahan Laminating Doff dan Glossy
  • Bahan laminating doff dan glossy dijual dengan harga relative murah.
  • Bahan laminating doff dan glossy dapat digunakan untuk satu sisi.
  • Bahan laminating doff dan glossy dijual dalam bentuk roll.
  • Bahan laminating doff dan glossy mudah ditemukan.
  • Bahan laminating doff dan glossy memiliki texture yang halus dan tipis.
Penggunaan Laminating Doff dan Glossy
  • Laminating glossy digunakan lebih baik pada kedua sisi. Dengan begitu warna yang dihasilkan akan terlihat pekat.
  • Dalam membuat Cover buku sebaiknya menggunakan Laminating Glossy untuk hasil yang maksimal. Dengan menggunakan laminasi Glossy cover dapat dengan mudah ditekuk. Bila Anda menggunakan Laminating Doff, cover tetap dapat ditekuk namun lama kelamaan akan timbul goresan pecahan pada laminasi.
  • Laminating doff sebaiknya digunakan pada undangan dan amplop. Karena hasil dari laminating doff tidak meninggalkan bekas goresan dan pantulan cahaya.
  • Sebaginya laminating tidak menggunakan lem melainkan menggukanan mesin laminating roll yang panas.

      Perbedaan laminating doff dan glossy sangatlah mencolok. Dan setiap perbedaan tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing - masing, sehingga pilih lah bahan laminating sesuai dengan kebutuhan anda. sekian artikel tentang perbedaan laminating doff dan glossy.









Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Jenis Contoh Iklan Outdoor

13 Jenis Kertas Yang Ada Dalam Dunia Percetakan

Pengertian, Macam - Macam, Dan Fungsi Dari Buku Agenda